Tanaman Herbal Kunci Pepet

Kunci pepet (Kaempferia angustifolia Roscue) sering dirancukan dengan Kaempferia rotunda Linn atau temu kunci yang pada beberapa pustaka juga disebut sebagai kunci pepet. Kunci pepet merupakan tanaman semak semusim, warnanya putih kehijauan mempunyai alkaloid, sapomin, minyak atsiri, dan polifenol.

Manfaat kunci pepet :

  1. Mengobati sakit perut
    Sakit perut bisa menyerang jika salah makan, alergi, dan lain sebagainya. Untuk mengurangi nyeri yang ditimbulkan bisa mengonsumsi kunci pepet.
  2. Mempunyai sifat antioksidan
    Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh karena bisa menjaga daya tahan, menguatkan sistem imun, dan juga mampu menangkal radikal bebas yang masuk pada tubuh. Jadi dengan begitu tubuh lebih kebal terhadap penyakit.
  3. Bersifat antiinflamasi
    Antiinflamasi sangat penting untuk mengatasi adanya peradangan (pembengkakan) pada tubuh.
  4. Bersifat antibakteri
    Sifat ini sangat cocok untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri, kuman, mikroba, virus dan menjaga tubuh terhindar dari penyakit. Sama halnya dengan antioksidan, antibakteri juga sangat penting karena tubuh sangat rentan terkena bakteri yang bersumber dari makanan, minuman, atau bahkan lingkungan yang kotor.
  5. Bersifat antiproliferasi
    Antiproliferasi merupakan salah satu jenis sifat obat yang mampu menghambat pertumbuhan sel merugikan dalam tubuh. Tidak terkecuali juga termasuk sel kanker dan tumor yang sudah terbukti sangat membahayakan kesehatan.
  6. Bersifat antiagregasi
    Agregasi yang dimaksud adalah trombosit fungsinya untuk mencegah terjadinya pendarahan. Tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah khususnya terhadap gangguan pada sumsum tulang belakang dan organ lainnya.
  7. Bersifat karminatif (peluruh kentut)
    Kunci pepet bisa mengeluarkan angin pada tubuh. Salah satunya disebabkan oleh masuk angon dan perut kembung.
  8. Mempercepat penyembuhan luka
    Kunci pepet mampu menyembuhkan luka.
  9. Melancarkan produksi ASI
    Kunci pepet membantu memproduksi ASI sehingga mampu mememuhi kebutuhan asupan nutrisi yang diperlukan oleh bayi.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *