Sudah tau tentang kondiloma akuminata?

Kondiloma akuminata atau kutil kelamin adalah infeksi yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) pada daerah perineum dan genitalia merupakan penyakit menular seksual yang paling sering terjadi. Risiko penularan penyakit ini lebih banyak menyerang wanita daripada pria. Tipe yang sering dijumpai pada kondiloma akuminata adalah tipe 6 dan 11. Berbentuk bunga kol atau kutil yang meruncing kecil yang bertumbuh kembang sampai membentuk kelompok yang berkembang terus. Penyakit ini paling banyak diderita oleh individu berusia antara 15-30 tahun dan lebih banyak lagi usia 20-24 tahun atau pada individu yanng aktif secara seksual. Beberapa tempat bisa ditemukannya kutil kelamin pada wanita adalah di leher rahum, miss v, vulva, dan perineum.

Munculnya kondiloma akuminata ditandai dengan beberapa gejala seperti munculnya benjolan yang serupa warna kulit atau juga bisa berwana keabuan di sekitar area genital. Kutil kelamin umumnya berukuran kecil sehingga terakadng kehadirannya tidak disadari. Bentuk kutil sering kali mirip dengan kembang kol yang menandai adanya beberapa kutil yang tumbuh di tempat yang sama.
Gejala lainnya yang muncul akibat kondiloma akuminata adalah rasa gatal pada area genital yang membuat tidak nyaman. Bagi wanita, keberadaan kutil kelamin juga bisa menyebabkan terjadinya pendarahan dan nyeri ketika sedang melakukan hubungan. Pada penderita kondiloma akuminata, bisa juga terjadi infeksi subklinis atau infeksi yang tidak ditandai dengan gejala. Pada tahap ini biasanya kutil tidak dapat terdeteksi dengan sendirinya, namun yang mengalami infeksi masih memiliki potensi untuk menularkan virus pada pasangannya yang belum terinfeksi.

Ada beberapa alasan seseorang bisa mengidap kondiloma akuminata yang umumnya berkaitan dengan masalah kebersihan, diantaranya :
1. Berhubungan seks tidak bersih dengan pasangan
2. Memakai WC umum yang tidak bersih
3. Jarang mengganti celana dalam sehingga miss v menjadi lembab dan kotor
4. Jarang membersihkan organ intim
5. Tidak mengeringkan organ vital setelah buang air kecil
6. Tertular pasangan yang sudah menderita kondiloma akuminata

Pencegahan Kondiloma Akuminata
Untuk melakukan pencegahan terhadap kondilma akuminata yang merupakan penyakit kelamin, ada beberapa cara yang harus dilakukan sebagai berikut :
1. Menjaga kebersihan organ genital
2. Menggunakan pengaman atau kond*m untuk mencegah penularan
3. Tidak melakukan hubungan intim selama masa pengobatan

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *