Hal-Hal yang Bikin Keputihan: Kenali Penyebab dan Cara Menghindarinya


Keputihan adalah kondisi umum yang dialami oleh banyak wanita. Meskipun seringkali tidak berbahaya, keputihan yang berlebihan atau tidak normal dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diatasi. Beberapa faktor yang dapat memicu keputihan antara lain penggunaan produk tertentu, pakaian yang tidak tepat, dan kebiasaan saat menstruasi. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan keputihan dan cara menghindarinya:

1. Menggunakan Sabun atau Produk Pembersih Kewanitaan
Menggunakan sabun atau produk pembersih kewanitaan yang tidak cocok dapat mengganggu keseimbangan pH alami di area kewanitaan. Banyak produk pembersih mengandung bahan kimia dan pewangi yang dapat menyebabkan iritasi dan mengubah flora alami vagina. Ketika keseimbangan pH terganggu, pertumbuhan bakteri dan jamur yang berlebihan dapat terjadi, yang kemudian menyebabkan keputihan.

Cara Menghindarinya:

Gunakan air hangat untuk membersihkan area kewanitaan.
Pilih produk pembersih yang lembut dan bebas pewangi, serta yang diformulasikan khusus untuk area kewanitaan.
Hindari penggunaan sabun antibakteri atau antiseptik yang keras di area sensitif.
2. Menggunakan Pakaian Ketat
Pakaian ketat, terutama yang terbuat dari bahan sintetis, dapat menyebabkan area kewanitaan menjadi lembap dan panas. Kondisi ini menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur. Pakaian yang terlalu ketat juga dapat mengganggu sirkulasi udara dan menyebabkan iritasi kulit, yang bisa memicu keputihan.

Cara Menghindarinya:

Kenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun, yang memungkinkan sirkulasi udara yang baik.
Hindari pakaian yang terlalu ketat dan pilih pakaian yang nyaman dan longgar, terutama saat cuaca panas atau saat berolahraga.
Ganti pakaian yang basah atau lembap sesegera mungkin, seperti setelah berenang atau berolahraga.
3. Penggunaan Pembalut Terlalu Lama
Menggunakan pembalut atau pantyliner terlalu lama dapat menyebabkan penumpukan kelembapan dan bakteri. Pembalut yang tidak diganti secara teratur dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur, yang dapat menyebabkan infeksi dan keputihan berlebihan.

Cara Menghindarinya:

Ganti pembalut setiap 4-6 jam, atau lebih sering jika diperlukan.
Pilih pembalut yang tidak mengandung pewangi atau bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi.
Pertimbangkan untuk menggunakan pembalut kain yang dapat dicuci dan digunakan kembali, yang lebih ramah lingkungan dan biasanya lebih lembut di kulit.


Keputihan adalah kondisi yang umum, tetapi jika terjadi secara berlebihan atau disertai gejala lain seperti bau tidak sedap atau rasa gatal, bisa jadi ada masalah yang perlu diatasi. Menghindari penggunaan produk pembersih yang keras, memilih pakaian yang tepat, dan menjaga kebersihan saat menstruasi dapat membantu mengurangi risiko keputihan. Jika Anda mengalami keputihan yang tidak normal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Menjaga kebersihan dan keseimbangan pH di area kewanitaan adalah kunci untuk mencegah keputihan dan menjaga kesehatan reproduksi.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *