BEGINI CIRI- CIRI OVARIUM YANG SUBUR

_____________________________________
Assalamualaikum Wr. Wb.

Ovarium atau indung telur terbagi dua bagian dalam di kiri dan kanan pinggul. Manusia memiliki dua ovarium yang berfungsi memproduksi sel telur dan mengeluarkan hormon esterogen dan progesterone.

Kedua hormon tersebut merupakan hormon yang berperan penting atas perkembangan tubuh seorang perempuan ketika masa pubertas seperti memengaruhi pertumbuhan payudara, menstruasi, dan pinggul yang membesar. Estrogen dan progesteron juga menyiapkan rahim untuk pembuahan.

Memiliki ovarium atau indung telur yang sehat adalah kunci dari kesuburan. Kunci untuk meningkatkan kesehatan telur tidak lain adalah mempertahankan diet seimbang dan olahraga rutin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurut Dr Fong Yang dari Spesialis Fertilitas di Virtus Fertility Center Singapore.

Dr Fong menjelaskan, “Kesuburan dan kesehatan reproduksi perempuan sangat bergantung pada keadaan ovariumnya. Perempuan yang berjuang untuk hamil kemungkinan memiliki kondisi telur yang buruk, dan perlu memerhatikan lebih dekat berbagai faktor yang dapat meningkatkan kesehatan telur untuk kehamilan yang layak.”

Cara menjaga kesehatan ovarium dengan diet kaya nutrisi, delapan gelas air murni dan melakukan olahraga secara rutin.
Vitamin A adalah vitamin penting yang membantu menendang memulai proses pembelahan sel dalam produksi telur. Makanan yang mengandung vitamin A meliputi telur, susu, bayam, labu dan wortel.
Sementara vitamin D telah disebut-sebut untuk manfaatnya bagi kesehatan tulang, fakta yang kurang diketahui adalah bahwa vitamin D memainkan peran penting dalam kesehatan ovarium dengan mengatur kadar hormon anti-Mullerian (AMH), sebuah hormon yang dapat menilai cadangan ovarium perempuan. Makanan yang mengandung vitamin D termasuk salmon, jamur dan telur.
Sumber omega-3 meliputi salmon, mackerel, walnuts and soybeans. Selain menjadi makanan yang lezat, asam lemak omega-3 berperan penting dalam fluiditas membran dan kesehatan sel untuk melindungi dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan kesehatan ovarium.
Sementara itu, perempuan yang ovariumnya sehat memiliki ciri sebagai berikut:
• Siklus haid lancar
• Tidak seberapa sakit saat haid datang
• Pola hidup sehat
• Bisa mengelola stres dengan baik
• Berat tubuh ideal, tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk.

Namun, jika kamu mengalami ciri-ciri berikut ini:
• siklus haid yang tidak teratur,
• peningkatan pertumbuhan rambut wajah dan tubuh,
• kenaikan berat badan yang tidak dapat dijelaskan,
• bahkan kesulitan untuk hamil dalam waktu lama,
maka sudah saatnya sekarang saatnya untuk melakukan tindakan seperti mencari bantuan profesional untuk menjaga agar tubuh kamu tetap teratur.
Salah satu gangguan ovarium paling umum yang mempengaruhi sekitar 5-15% perempuan tahap reproduksi 5 di Singapura adalah Sindroma Ovarium Polikistik (PCOS). Ini memengaruhi kesuburan seorang perempuan karena indung telurnya mengandung kista atau folikel kecil yang tidak mampu memproduksi telur dan kesulitan untuk dibuahi.

Itulah penjelasan singkat terkait ovarium dan bagaimana cara menjaga kesehatan ovarium ketika kamu sedang melakukan program hamil.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *