BENARKAH KESERINGAN MAKAN PEDAS BIKIN CEPAT PIKUN

_____________________________________
Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi Sahabat Rose V ❤

Makanan pedas memang jadi favorit di seluruh dunia, khsusnya masyarakat asia. Maka tak heran jika banyak orang Indonesia berpikir, kurang lengkap jika makan tanpa sambal. Sayangnya, riset menunjukan mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan karena dapat menyebabkan pikun.
Riset yang telah dipublikasikan dalam The medical journal Nutrients ini menganalisis kaitan antara diet pedas dan demensia. Periset menemukan mereka yang mengonsumsi lebih dari 50 gram cabai sehari berisiko lebih tinggi mengalami penurunan kognitif dan daya ingat.
Capsaicin, yang merupakan komponen aktif dalam cabai, dikenal karena dapat menghambat gangguan pembuluh darah, kehilangan lemak dan mempercepat metabolisme. Namun, riset ini adalah penelitian pertama yang mengulik hubungan antara fungsi kognitif dan asupan cabai.
Tak tanggung-tanggung, riset tersebut dilakukan selama 15 tahun di bawah pimpinan Zumin Shi. Riset dilakukan dengan meneliti 4.582 orang dewasa di China yang berusia 55 tahun ke atas. Selama penelitian, periset menemukan cabai sebagian besar dikonsumsi oleh orang-orang dengan indeks massa tubuh rendah dan pendapatan lebih rendah.
Mereka yang gemar mengonsumsi cabai ini secara fisik sangat aktif dibandingkan dengan orang lain. Di akhir penelitian, periset menemukan peserta yang makan lebih dari 50 gram cabai dalam sehari mengalami penurunan kognitif yang lebih cepat. Dengan kata lain, riset ini menunjukan konsumsi cabai berlebihan dapat meningkatkan risiko masalah kognitif dan penurunan daya ingat pada seseorang dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi kurang dari 50 gram cabai sehari.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *