BENARKAH ROKOK MEMBUAT MANDUL DAN RAHIM KERING

BENARKAH ROKOK MEMBUAT MANDUL DAN RAHIM KERING

Selama ini bahaya rokok yang menyebabkan kanker, serangan jantung dan penyakit paru-paru sudah banyak diketahui orang. Namun belum banyak yang paham bahwa perempuan perokok pasif pun ternyata bisa mandul akibat asap rokok.

Huffington Post memaparkan para peneliti ini mempelajari 93.000 wanita yang ikut serta dalam Women’s Health Initiative Observational Study antara 1993 dan 1998. Mereka mengisikan secara terperinci kuesioner yang berisi gaya hidup, masalah kesehatan dan diagnosa medis.

Studi ini mengungkapkan bahwa perempuan yang mengisap 100 batang rokok atau lebih selama hidupnya mempunyai risiko mandul 14 persen lebih tinggi dan risiko mandul 26 persen lebih cepat sebelum umur 50 tahun.

Ada perdebatan yang mempertanyakan apakah benar tingkat kesuburan menurun dan banyak orang yang menyalahkan zat kimia yang bernama endokrin yang terkandung dalam kaleng, botol dan air minum. Tapi, ternyata tembakau pun mengandung endokrin.

Para peneliti menyebutkan racun yang terkandung dalam asap rokok bisa mempengaruhi produksi hormon yang berhubungan dengan siklus fertilitas. Racun itu bisa merusak sel telur dan merusak embrio sebelum tertanam pada dinding rahim. Racun itu juga bisa membatasi proses persiapan rahim untuk kehamilan.

Para perokok lebih cenderung memiliki gangguan kesuburan dibandingkan orang yang tidak merokok. Apabila Anda telah merokok selama bertahun-tahun, atau terbiasa menghabiskan beberapa batang rokok setiap hari, risiko Anda terkena gangguan kesuburan akan meningkat.

Ketika Anda merokok, lebih dari 700 zat kimia masuk ke seluruh tubuh dan menyebar ke berbagai organ tubuh Anda. Beberapa gangguan kesuburan yang umum ditemukan adalah sebagai berikut:

Sebagai tambahan, perokok yang sedang menjalani perawatan atau bantuan kesuburan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk hamil. Perokok juga akan mempunyai tendensi untuk melahirkan bayi dengan gangguan kesehatan.

Dampak Buruk Rokok Pada Kesuburan

1. Hilangnya endometrium (kemampuan rahim untuk ditempeli embrio pun hilang)
2. Memberikan pengaruh buruk pada organ reproduksi
3. Terjadinya kehamilan ektopik (kehamilan yang berkembang di luar Rahim)
4. Menurunnya efek protamin
5. Menurunkan banyak hal buruk kepada anak
6. Masalah ovulasi
7. Masalah genetik
8. Gangguan pada organ reproduksi
9. Gangguan pada sel telur atau menopause dini
10. Risiko kanker dan gangguan janin atau keguguran

>> Merokok dan gangguan kesuburan pada pria

Laki-laki yang merokok memiliki peluang terkena penyakit kesuburan sebagai berikut:
• Jumlah sperma yang menurun dan masalah pergerakan sperma (susah berenang dan menembus sel telur)
• Masalah hormon
• Disfungsi ereksi – sulit mengalami ereksi atau tidak bisa mempertahankannya

>> Perokok pasif juga bisa terkena gangguan kesuburan

Jika pasangan Anda adalah perokok, berikan motivasi untuk berhenti. Menjadi perokok pasif sama saja dengan menghisap zat kimia lewat asap rokok yang akan membahayakan kesuburan Anda. Faktanya, para ahli menyatakan bahwa bahaya perokok pasif sama dengan perokok aktif! Terkena asap rokok untuk beberapa hari saja dapat memberi dampak buruk pada kesehatan dan kesuburan.

Menjadi perokok pasif juga dikaitkan dengan penyebab Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Apabila Anda sedang hamil, Anda dan pasangan harus berhenti merokok untuk menjaga kesehatan bayi di dalam kandungan.

>> Lalu bagaimana solusinya?

Untuk mendukung usaha Anda menjaga kesehatan dan menurunkan risiko terkena penyakit kronis, berhenti merokok akan turut membantu Anda memperbesar peluang kehamilan.
Butuh beberapa bulan untuk membersihkan segala hal buruk tersebut dari sistem tubuh Anda – semua yang berhubungan dengan merokok, ancaman kesuburan, dan racun di dalam tubuh. Berikan sejenak waktu untuk tubuh Anda; tunggu beberapa saat hingga tubuh berada dalam kondisi optimal untuk kembali mencoba untuk hamil, usai Anda dan pasangan berhenti merokok.

Apabila Anda dan pasngan sedang berusaha untuk hamil dan gagal karena pasangan atau Anda yang seorang perokok, berikan semangat atau motivasi untuk berhenti merokok. Semakin cepat berhenti merokok, semakin cepat itulah peluang Anda dan pasangan untuk hamil semakin besar.

Kunjungi media sosial kami :
ig: 
forum diskusi: 
fanpage:
youtube:

Untuk Download gambar/foto/video bisa menggunakan aplikasi kami yaitu “RosevGo” yang bisa didapatkan di google playstore.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *