EFEK SAMPING KONTRASEPSI DARURAT (MORNING-AFTER PILL) YANG PERLU ANDA WASPADAI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semangat Pagi Sahabat Rose V ❤

.

Yuk .. Mari Kita Simak ☺☺☺☺

.

Kontrasepsi darurat (kondar) adalah pil KB yang diminum setelah berhubungan seks. Pil yang juga disebut sebagai morning-after pill ini hanya digunakan untuk mencegah kehamilan, bukan untuk menggugurkan kandungan. Beberapa tahun belakangan, penggunaan kontrasepsi darurat terus meningkat. Karena itu perlu diketahui apa saja efek samping kontrasepsi darurat dan hal-hal yang mungkin terjadi setelah minum pil ini. Berikut adalah macam-macam efek samping kontrasepsi darurat yang harus pertimbangkan sebelum menggunakan pil ini untuk mencegah kehamilan:

  • Mual dan muntah. Kalau muntah setelah minum pil kondar, minum obat antimual dulu. Kemudian segera minum lagi satu dosis pil kondar karena yang tadi mungkin sudah dimuntahkan sebelum mulai bekerja dalam tubuh.
  • Lemas, pusing, kliyengan dan sakit kepala. Biasanya efek samping kontrasepsi darurat ini akan hilang sendiri dalam satu atau dua hari. Sementara itu, bisa minum obat pereda nyeri untuk mengurangi pusing dan sakit kepala.
  • Sakit perut dan diare. Beberapa orang melaporkan efek samping sakit perut hingga diare setelah minum pil kondar. Ini karena kadar hormon dalam tubuh berubah cukup drastis. Pastikan cukup minum agar tak kehilangan banyak cairan tubuh.
  • Payudara jadi lebih sensitif. Karena efek hormon, area payudara mungkin jadi terasa lebih lunak dan sensitif. Keluhan ini biasanya hilang sendiri dalam waktu beberapa hari.

Karena morning-after pill mengandung hormon yang cukup tinggi, vagina mungkin mengalami perdarahan ringan atau muncul bercak darah (flek). Selama perdarahan yang terjadi masih ringan dan hilang dalam waktu satu sampai tiga hari, efek samping kontrasepsi darurat ini masih wajar dan tidak berbahaya.

Akan tetapi, kalau perdarahan disertai dengan kram perut, tambah deras, atau tidak kunjung berhenti dalam waktu beberapa hari, sebaiknya langsung periksa ke dokter. Menurut sejumlah penelitian, minum pil kondar bisa memengaruhi siklus menstruasi mungkin datang bulan tepat waktu, seminggu lebih cepat, atau seminggu lebih lambat dari jadwal biasanya.

Siklus juga bisa jadi lebih panjang atau lebih pendek. Misalnya biasanya menstruasi selama 5 hari. Setelah minum pil KB darurat, mungkin hanya haid selama empat hari, atau bahkan jadi lebih lama hingga tujuh hari. Namun, kalau menstruasi sudah terlambat seminggu, sebaiknya segera melakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah hamil.

.

Kunjungi media sosial kami :

ig:

forum diskusi:

fanpage:

youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *