APAKAH IUD BISA MENYEBABKAN KEPUTIHAN ?

APAKAH IUD BISA MENYEBABKAN KEPUTIHAN?

_____________________________________

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Sahabat Rose V ❤

.

Yuk .. Mari Kita Simak ☺☺☺☺

.

Metode intrauterine device atau IUD dikatakan sering kali menyebabkan keputihan. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan saat pemasangan IUD terdapat alat yang kurang steril, sehingga dapat memicu keluarnya cairan di area vagina. Kondisi ini dapat mengundang jamur, virus atau bakteri.

Meski demikian, penggunaan IUD sebenarnya merupakan salah satu alat kontrasepsi yang cukup efektif dan direkomendasikan, karena pengerjaannya hanya satu kali dan dapat digunakan untuk menunda kehamilan hingga delapan tahun lamanya.

Di samping itu, penggunaan alat kontrasepsi jenis lainnya yang mengandung hormon juga dapat menyebabkan gangguan keseimbangan hormon pada wanita, sehingga dapat memicu terjadinya keputihan dalam kehidupan sehari-hari.

Hormon yang terdapat di dalam alat kontrasepsi ini biasanya berupa hormon estrogen dan progesteron. Jika dimasukkan atau ditambahkan hormon dari sumber lain, dapat membuat hormon dasar dalam tubuh akhirnya tidak seimbang dan mengakibatkan salah satu efek samping timbul, yaitu keputihan.

Yang perlu diingat, kenali keluhan-keluhan bahaya dari gejala keputihan yang mungkin terjadi. Sebab penggunaan IUD ini dapat menyebabkan infeksi menyebar hingga saluran reproduksi bagian atas, dengan risiko dua kali lebih besar karena letak pemasangannya di dalam rahim.

Selama cairan tampak bening, tidak berbau dan tidak menimbulkan keluhan seperti rasa gatal atau terbakar, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat. Untuk lebih nyamannya, sebaiknya Anda tidak menggunakan celana ketat, terlebih yang tidak dapat menyerap keringat seperti bahan katun.

Hindari pula penggunaan produk pembersih wanita karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri baik di dalam vagina. Jika menggunakan panty liner, biasakan untuk menggantinya tidak lebih dalam waktu 3 sampai 4 jam sekali agar kelembapannya tetap terjaga.

Jadi, untuk menghindarkan diri Anda dari keputihan sebagai akibat dari penggunaan alat kontrasepsi, lakukanlah kiat-kiat di atas. Selain itu, tetaplah menjaga kebersihan dan kelembapan di sekitar area vagina Anda.

.

Kunjungi media sosial kami :

website: https://bit.ly/2vsZocz

ig: https://bit.ly/2LkwLEx

forum diskusi: https://bit.ly/2yMpuvB

fanpage: https://bit.ly/2wshrj9

youtube: https://bit.ly/2Jruy8Z

Untuk Download gambar/foto/video bisa menggunakan aplikasi kami yaitu “RosevGo” yang bisa didapatkan di google playstore.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *