BAGAIMANA SISTEM REPRODUKSI WANITA

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sahabat Rose V ?
.
Yuk .. Mari Kita Simak
.

Sistem Reproduksi Wanita

Wanita memiliki banyak karakteristik fisik yang berbeda dari pria karena peran pentingnya dalam reproduksi. Fungsi sistem reproduksi wanita ada dua yaitu untuk memungkinkan pembuahan dari pertemuan sperma dan sel telur, serta melindungi organ dalam kewanitaan dari patogen penyebab infeksi.

1. Ovarium

Ovarium/indung telur, berada di sisi kanan dan kiri rongga panggul yang bersebelahan dengan bagian rahim atas. Ovarium bertugas untuk memproduksi hormon seks wanita seperti estrogen dan progesteron serta ovum yang biasa disebut sel telur.

2. Tuba falopi

Tuba falopi memiliki bentuk seperti saluran yang masing-masing membentang dari ujung kanan dan kiri pada rahim atas ke ujung ovarium. Tuba falopi berfungsi untuk mengangkut ovum yang dilepaskan dan membawanya ke dalam infundibulum untuk dipindahkan ke rahim.

3. Rahim (uterus)

Rahim adalah tempat embrio ditanamkan dan kemudian tumbuh dan berkembang. Bagian ini menyelimuti dan mendukung janin. Otot-otot dinding rahim berkontraksi selama persalinan untuk mendorong janin melewati jalan lahir.

4. Vagina

Yang selama ini bisa diamati dari luar dengan mata telanjang  bukanlah vagina, melainkan vulva. Di vulva terdapat bukaan vagina. Sedangkan vagina itu sendiri sebenarnya terletak dalam tubuh di belakang kandung kemih, lebih rendah dari rahim. Salah satu tugas vagina adalah sebagai jalan keluar darah saat menstruasi dan jalur lahir bayi saat persalinan. Tanggung jawab utamanya adalah sebagai jalan bagi sperma berenang menuju rahim dan tuba falopi untuk pembuahan.

5. Vulva

Vulva merupakan tampak luar dari anatomi vagina yang terdiri dari labia majora, labia minora, bukaan saluran kemih untuk buang air kecil, dan klitoris. Fungsinya adalah untuk melindungi vagina. Vulva juga merupakan bagian sensitif pada tubuh wanita yang mudah dirangsang dan menghasilkan kenikmatan seksual.

6. Payudara dan kelenjar susu

Payudara termasuk dalam organ yang terlibat dalam sistem reproduksi wanita. Payudara terdiri dari kelenjar susu, saluran susu, dan kelenjar adiposa. Kelenjar susu adalah jenis kelenjar sudoriferus khusus untuk menghasilkan susu sebagai sumber asupan bayi.

Kunjungi media sosial kami :
website: https://bit.ly/2vsZocz
ig: https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi: https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage: https://bit.ly/2wshrj9
youtube: https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *