Bagaimana Kualias Sperma Pada Pria Berusia 50 Tahun?

Berbeda dengan wanita, pria tidak memiliki batasan usia yang dianggap terlalu tua untuk memiliki anak.Cukup banyak pria yang berusia tergolong tua yang dapat menghamili wanita. Meskipun begitu, tentu saja seiring bertambahnya usia seseorang, maka juga akan mempengaruhi kesuburannya.
Kesuburan ini berkaitan dengan kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan. Kualitas sperma yang dihasilkan juga tidak akan sama dari waktu ke waktu, selain dipengaruhi oleh faktor usia juga dipengaruhi olehgaya hidup. Namun sejara garis besar, kualitas sperma terbaik dapat dihasilkan pria pada rentang usia 25 hingga 40 tahun. Meskipun begitu kualitas, kuantitas, dan pergerakan sperma menurun drastis di usia 50 tahun, cukup banyak pria yang mampu menghamili wanita bertahun-tahun setelahnya.

Meski demikian, bukan berarti pria tidak memiliki masalah dengan kesuburan. Fertilitas pria akan berkurang setiap dekade, terutama setelah memiliki usia di atas 35 tahun. Jumlah sperma pada pria usia 50-80 tahun hanya 75 persen dibanding pria usia 20-50 tahun. Kemampuan berenang sperma juga berkurang seiring dengan usia. Mobilitas sperma yang paling baik adalah di usia 25 tahun dan paling rendah di usia 55 tahun. Dari usia 35-55 tahun, mobilitas sperma berkurang sampai 54 persen, tidak peduli berapa banyak ia berhubungan seks. Namun, yang harus jadi perhatian adalah kualitas sperma berubah saat pria menginjak usia 50 tahun. Bila terjadi pembuahan sel telur di usia ini, besar kemungkinan anak yang dilahirkan akan memiliki cacat bawaan/kelainan genetika atau gangguan kesehatan.

Semakin tua usia pria ketika memiliki anak, maka makin besar risikonya memiliki anak yang menderita down syndrome, schizophrenia, autisme, dan penyakit genetik lainnya. Risiko wanita untuk mengalami keguguran juga lebih tinggi.

Kunjungi media sosial kami :
website: https://bit.ly/2vsZocz
ig: https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi: https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage: https://bit.ly/2wshrj9
youtube: https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *