Apa itu Sterilisasi?

Sterilisasi adalah metode kontrasepsi permanen, yang bertujuan untuk mencegah seseorang memiliki anak. Prosedur ini bisa dilakukan pada pria atau wanita. Sterilisasi tidak memengaruhi kadar hormon, gairah seks, dan kemampuan seseorang dalam berhubungan seks.

Pada pria disebut, vasektomi yaitu prosedur sterilisasi dengan memotong saluran yang membawa sperma ke penis. Tindakan ini membuat sperma tidak tercampur dengan air mani, sehingga air mani tidak bisa membuahi sel telur.

Sedangkan pada wanita, sterilisasi dilakukan dengan mencegah sperma bertemu dan membuahi sel telur. Proses tersebut bisa dilakukan dengan ligasi tuba yaitu dengan mengikat atau menutup jalan saluran indung telur atau dengan oklusi tuba yaitu dengan memasang implan pada saluran indung telur.

Sebelum memutuskan untuk menjalankan sterilisasi, konsultasi dengan dokter sangat penting untuk dilakukan, mengingat efek sterilisasi bersifat permanen.Umumnya, dokter hanya menjalankan sterilisasi bila wanita sudah berusia 30 tahun dan sudah memiliki anak. Pada pasien di luar dua kondisi tersebut, dokter akan menyarankan jenis kontrasepsi lain. Hal ini dilakukan agar pasien tidak menyesal di kemudian hari.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *