Jerawat di kemaluan

Jerawat bisa terletak dimanapun pada tubuh salah satunya jerawat di miss v (lebih tepatnya di daerah vulva, bagian terluar dari kemaluan yang bisa dilihat oleh mata) adalah peradangan kulit yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori oleh kelebihan minyak alami kulit, sel kulit mati, dan pertumbuhan bakteri. Peradangan kulit ini kemudian membesar menjadi bintil jerawat yang berisi nanah. Jerawat di kemaluan juga bisa timbul akibat perubahan hormon dan stres berat. Daerah genital merupakan area sensitif yang mudah teriritasi. Mencukur bulu kemaluan bisa menyebabkan munculnya jerawat karena infeksi yang terjadi pada folikel rambut. Jerawat bisa membesar jika berisi nanah dan terus membesar selama beberapa hari. Tidak disarankan memencet atau memecahkan jerawat karena akan menyebabkan infeksi.

Biasanya tidak menyebabkan masalah yang serius, jerawat di kemaluan dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman. Salah satu penyebab timbulnya jerawat pada kemaluan karena iritasi pada kulit. Beberapa penyebab timbulnya jerawat di kemaluan :

  1. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak merupakan reaksi yang terjadi saat suatu benda atau bahan bersentuhan langsung dengan kulit. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sabun terutama yang mengandung parfum, deodoran, bedak, detergen, dan lain-lain.

  • Folikulitis

Jerawat di kemaluan juga bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri pada follikel rambut. Mencukur rambut kemaluan merupakan salah satu penyebab utama dari folikulitis. Pisau cukur yang kasar pada kulit sensitif bisa menyebabkan iritasi kulit, benjolan, lecet, dan jerawat. Rambut yang tumbuh keluar dari folikel juga bisa berbalik dan masuk kembali ke dalam kulit sehingga menyebabkan iritasi. Selain rambut yang berbalik masuk menusuk kulit, rambut yang tumbuh ke arah dalam kulit (ingrown hair) juga bisa menyebabkan terjadinya folikulitis. Pada wanita, rambut tumbuh ke dalam umumnya terjadi pada daerah ketiak, kaki, dan juga area kemaluan.

  • Hidradenitis suppurativa (HS)

Hidradenitis suppurativa atau disebut juga acne inversa adalah penyakit kronis pada kelenjar keringat yang menyebabkan munculnya lesi yang mirip jerawat di seluruh tubuh, termasuk daerah kemaluan. Penyebab penyakit peradangan langka ini belum jelas.

  • Molluscum contagiosum

Infeksi virus yang dapat menyebabkan munculnya jerawat di bagian tubuh manapun, termasuk pada area kemaluan.

  • Herpes genital

Infeksi yang terjadi pada kasus herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks atau sering disebut HSV. Penyakit ini termasuk salah satu infeksi menular seksual (IMS) karena umumnya ditularkan melalui hubungan seksual. Herpes genital bisa dikenali dengan kemunculan lepuh (vesikel) seperti jerawat berwarna kemerahan dan terasa sakit di sekitar area kelamin. Luka ini bisa pecah dan menjadi luka terbuka.

Kunjungi media sosial kami :
website: https://bit.ly/2vsZocz
ig: https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi: https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage: https://bit.ly/2wshrj9
youtube: https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *