KENAPA HAID BERKEPANJANGAN

Secara medis, menstruasi yang melebihi satu minggu dapat digolongan dalam kondisi yang disebut menorrhagia. Dengan Penanganan Yang sesuai, keluhaan ini umumnya dapat diatasi, meski tetap perlu di waspadai, karena dapat disebabkan oleh gangguan kesehatan yang lebih serius.

Mengenali berbagai penyebab menstruasi berkepanjangan

Dalam sebagian kasus, penyebab menstruasi berkepanjangan tidak selalu dapat diketahui, namun, ada beberapa hal yang diketahui bias menyebabkan terjadinya menstruasi berkepanjagan yaitu :

  1. Ketidakseimbangan hormone
  2. Gangguan fungsi indung telur
  3. Radang panggul
  4. Endometriosis

Upaya Mengatasi Menstruasi Berkepanjangan

Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi menstruasi berkepanjangan, akan disesuaikan dengan keluhan dan kondisi fisik penderita, berikut dengan kondisi medis sebagai penyebabnya.

Obat yang dapat diberikan untuk mengatasi menstruasi berkepanjangan antara lain adalah obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen. Selain itu, dapat juga diberikan asam traneksamat untuk mengendalikan perdarahan. Pada beberapa kondisi dokter akan memberikan terapi hormonal, untuk menyeimbangkan kondisi hormon dan mengatasi menstruasi berkepanjangan.

Mengingat menstruasi berkepanjangan dapat menimbulkan komplikasi seperti anemia dan rasa tidak nyaman, sebaiknya jangan dibiarkan berlarut-larut. Segera konsultasi pada dokter jika mengalami kondisi ini. Demikian juga dengan konsumsi obat, sebaiknya dilakukan berdasarkan saran dokter. Menjalani pola hidup sehat,  menjaga berat badan ideal, dan mencukupi istirahat dapat membantu pemulihan dari kondisi ini.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *