Salah Satu Penyebab Susah Hamil

Penyebab seseorang tidak subur ada bermacam-macam, namun tahukah kalau sistem imun kita sendiri ternyata dapat mengurangi kesuburan?

Sistem imun kita bertukas untuk mengerang zat asing yang dapat mnyebabkan penyakit atau kerusakan  pada tubuh seperti bakteri, virus atau kuman. Namun hal ini justru terjadi pada sel sperma karena dianggap sebagai benda asing yang berbahaya.  Untuk melawan organisme asing, sistem imun kita memproduksi antibodi. Antibodi ada beragam jenisnya, sedangkan untuk yang menyerang sperma disebut antibodi antisperma (ASA).

ASA dapat dibentuk pada tubuh pria maupun wanita. Ketika sel sperma bertemu dengan ASA, maka sel sperma akan diserang dan peluang terjadinya kehamilan pun menjadi lebih kecil.

Meskipun ASA menyebabkan tidak subur, tetap ada cara agar dapat hamil yaitu dengan melakukan pembuahan diluar atau in vitro fertilization (IVF) sehingga sel sperma tidak akan bertemu dengan ASA sehingga pembuahan pun dapat terjadi. Selain itu juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk menekan sistem imun sehingga ASA dapat ditekan dan sel sperma dapat masuk dan terjadi pembuahan. Namun konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *