Apa Itu Rahim Terbalik?

Rahim merupakan organ reproduksi yang penting dalam proses kehamilan. Namun ada beberapa wanita yang memiliki rahim yang tidak berada pada posisi yang seperti biasanya seperti kondisi rahim terbalik (retroverted). Rahim terbaalik terjadi ketika seorang wanita memilikirahim yang sedikit miring kearah belakang panggul.

Dalam banyak kasus kondisi ini dapat merupakan bentuk variasi bawaan yang normal pada wanita seperti halnya perbedaan warna mata dan rambut. Meski begitu wanita bisa saja mengalami kondisi rahim terbalik ketika ligamen raahim merenggang dan mengendur karena menopause, kehamilan, ataupun proses persalinan. Kondisi medis tertentu juga dapat menyebabkan rahim terbalik seperti endometriosis, fibroid, dan penyakit radang panggul yang meninggalkan jaringan parut pada organ reproduksi wanita.

Kondisi ini pada umumnya tidak memberikan gejala apapun. Biasanya seseorang baru menyadari rahim terbalik ketika mereka melakukan pemeriksaan seperti saat menjalani program hamil. Selain itu juga seorang wanita baru akan menyadari memiliki rahim terbalik ketika mengalami keluhan sakit saat berhunbungan seksual dan menstruasi, infeksi saluran kencing dan inkontinensia urin.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *