Mengatasi Perubahan Emosi Saat Hamil

Saat hamil, wanita biasanya mengalami perubahan fisik dan juga perubahan mental seperti emosi yang tidak menentu. Meskipun perubahan emosi ini berbeda-beda setiap orang, hal ini kerap terjadi pada 3 bulan awal masa kehamilan dan trisemester akhir kehamilan hingga melahirkan. Emosi yang berubah bisa bersifat biasa saja, dapat ditangani sendiri, perlu bantuan orang lain, hingga dapat menyebabkan wanita hamil menjadi depresi dan cemas.

Perubahan emosi yang terjadi pada masa kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan. Tingkat perubahan emosi yang terjadi tergantung juga dengan seberapa besar jumlahhormon yang meningkat dan bagaimana wanita tersebut merespon perubahan tersebut. Selain hormonal, emosi juga bisa disebabkan karena stres dan kelelahan.

Emosi yang terjadi memang suatu hal yang normal, namun jika tidak ditangani dengan baik akan berdampak pada kesehatan mental seseorang. Beberapa cara mengatasi perubahan emosi ini adalah sebagai berikut.

  • Tidak perlu memikirkan hal ini, dan jalani hari seperti biasa dan santai. Masa kehamilan sering membuat wanita khawatir akan apa yang harus dilakukan sebelum melahirkan bayi. Namun tidak perlu diambil pusing, melainkan jalani dengan ringan dan bahagia.
  • Melakukan hal-hal yang disenangi. Hal ini akan membuat merasa lebih nyaman . Dengarkan tubuh dan pikiran supaya dapat mengetahui waktu-waktu tertentu yang dibutuhkan untuk waktu sendiri dan melakukan hal-hal yang disenang untuk membuat tubuh tan pikiran menjadi tenang.
  • Konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi agar kesehatan mental terjaga dan memperbaiki suasana hati. Dan jangan lupa untuk istirahat cukup.
  • Mintalah bantuan dan dukungan dari orang terdekat karena ini sangatlah dibutuhkan oleh istri yang sedang hamil. Menghabiskan waktu bersama suami dan membicarakan keadaan yang sedang dialami sehingga orang terdekat dapat mengeerti.

Kunjungi media sosial kami :
website : www.rosev-official.com
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *