Pil KB Menyebabkan Berat Badan Naik

Salah satu cara untuk wanita dalam menunda kehamilan adalah dengan menggunakan pol KB. Banyak anggapan bahwa mengkonsumsi pil KB dapat menaikkan berat badan. Apakah hal ini benar atau hanya mitos?

Anggapan ini muncul sejak awal pil KB diperkenalkan. Pasalnya pil KB generasi awal ini memang menjadi perdebatan karena dapat meningkatkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan hormonnya yang berlebih. Kelebihan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh dapat menyebabkan retensi cairan di beberapa bagian tubuh dan meningkatkan nafsumakan sehingga kedua ha l ini akan membuat berat badan wanita bertambah.

Untungnya pil KB generasi pertama ini sudah digakntikan dengan jenis pil KB yang baru. Dosis hormon yang terkandung didalamnya sudah disesuaikan. Dari berbagai macam penelitian menyebutkan bahwa sudah tidak ada hubungan antara kenaikan berat badan seseorang dengan mengkonsumsi pil KB. Namun wanita dengan usia 45 tahun keatas memiliki resiko untuk mengalami kenaikan berat badan yang disebabkan karena perubahan fungsi tubuhyang alami terjadi, bukan efek dari mengkonsumsi pil KB, melainkan perubahan fungsi tubuh yang terjadi selama alami.

Secara umum, pengguanaan pil KB tidak menyebabkan kenaikan berat badan. Namun efek yang timbul pada setiap wanita berbeda-beda. Mungkin ada sebagian wanita yang mengalami kenaikan berat badan akibat retensi cairan di tubuh. Beberapa jenis pil KB dapat beresiko menaikkan berat badan karena kandungan hormon estrogennya yang tinggi atau lebih dari 30 mikrogram.

Penggunaan pil KB cukup aman untuk mencegah kehamilan. Jika terjadi kenaikan berat badan secara tiba-tiba sedangkan sebagian besar tidak mengalami kenaikan berat badan akibat meminum pil KB, makan segera konsultasikan ke dokter.

Kunjungi media sosial kami :
website : www.rosev-official.com
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *