Macam Tumor Dan Tingkat Berbahayanya

Salah satu penyakit yang berbahaya yang paling banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia adalah penyakit kanker. Jumlah penderita kanker dicatat semakin bertambah 6,25 juta orang setiap tahunnya. Kanker sendiri merupakan jenis penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan yang tidak normal dari sel-sel jaringan pada tubuh. Seiring berjalannya waktu, sel –sel tersebut akan menyebar ke bagian tubuh lainnya dan merusak hingga dapat menyebabkan kematian.

Pada awalnya kanker merupakan benjolan kecilyang terdapat pada bagian tubuh tertentu, yang semakin lama akan tumbuh semakin besar dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Penyakit ini lebih dikenal dengan istilah tumor. Meskipun begitu, sebenarnya kanker dan tumor merupakan istilah yang berbeda, dan tidak semua tumor termasuk pada kanker.

Tumor adalah sel-sel yang tumbuh dengan kecepatan berlebihan dan tidak memiliki fungsi bagi tubuh. Tumor dibagi menjadi 2 berdasarkan sifatnya. Tumor yang bersifat jinak dan tumor yang bersifat ganas. Tumor yang memiliki sifat ganas inilah yang kemudian dapat disebut dengan kanker. Sedangkan tumor jinak, mereka tidak memiliki kecenderungan untuk menyerang jaringan di sekitarnya dan tidak menyebar kebagian tubuh yang lainnya. Secara umum tumor jinak tidak berbahaya dan pertumbuhannya lambat. Namun tidak semuanya seperti itu.

Memang tumor jinak merupakan tumor yang lambat pertumbuhannya sehingga tingkat keberbahayaannya lebih rendah dibandingkan dengan tumor ganas atau kanker. Namun jika dibiarkan terlalu lama, tumor jinak bisa tumbuh dan berkembang hingga berukuran cukup besar atau ditemukan di dekat pembuluh darah, otak, saraf, atau organ hingga menekan struktur vital tersebut. Akibatnya, tumor jinak akan berubah menjadi lebih berbahaya dan serius hingga memerlukan perawatan khusus.

Berdasarkan letaknya tumor jinak dapat dibedakan menjadi beberapa macam yaitu lipoma, nevi, fibroid atau fibroma, adenoma, mioma, hemangioma, meningioma, neuroma, osteokondroma, dan papiloma. Biasanya dalam banyak kasus tumor jinak tidak memerlukan pengobatan. Pemeriksaan oleh dokter hanya memastikan untuk melihat bahwa tumor tidak menyebabkan masalah pada tubuh. Namun jika gejala mulai muncul, bisa dilakukan operasi untuk menghilangkan tumor jinak tersebut tanpa merusak jaringan disekitarnya.

Kanker merupakan jenis dari tumor yang memiliki sifat ganas dimana pertumbuhannya sangat cepat dan dapat membesar dan menyebar dengan cepat. Sel tumor ganas dapat menyusup ke jaringan disekitarnya yang masih normal. Sel kanker memiliki kemampuan ber-metastasis atau menyebar kebagian tubuh yang lain yang jauh dari tempat asalnya melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Hal ini akan menyebabkan tumbuhnya kanker baru di tampat tersebut. Sel kanker pada tempat baru ini akan merusak jaringan disekitarnya yang masih sehat dan mengganggu fungsi dari bagian tubuh tersebut.

Semua jenis tumor dapat menyerang bagian tubuh manusia dimana saja dan juga tidak mengenal umur atau jenis kelamin. Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dapat mengidap tumor dalam hidupnya seperti gaya hidup yang tidak sehat, usia, dan juga dari genetik yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan proses penuaan atau kemunduran sel.

Kunjungi media sosial kami :
website : www.rosev-official.com
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *