Kandungan Kunyit Putih

Kunyit Putih merupakan salah satu jenis rempah dari keluarga jahe-jahean yang memiliki nama latin Curcuma Zedoaria. Tidak jauh berbeda dengan jenis kunyit yang lain, kunyit putih memiliki banyak manfaat seperti untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit seperti nyeri ulu hati, sakit perut, diare, hingga depresi. Meskipun begitu, jenis kunyit ini lebih jarang untuk ditemukan.

Daging kunyit putih lebih lunak dan rasanya lebih mirip dengan jahe, meskipun meninggalkan jejak rasa yang lebih pahit diakhir. Kunyit putih sudah sangat jarang dugunakan untuk bumbu masak dan sudah sering digantikan oleh jahe. Namun beberapa masakan Asia, kunyit ini masih sering digunakan.

Tanaman ini mengandung banyak komponen didalamnya. Rimpang mengandung zat warna kuning kurkumin. Rimpangnya juga mengandung komponen minyak atsiri, amilum, tanin, gula, dan damar. Komponen yang terdapat dalam rimpang kunyit putih adalah myrcene (81,4%), beta ocimene (5,1%),  beta pinene (3,7%), alpha pinene (2,9%), minyak atsiri (0,28%), dan kurkumin (3%). Selain itu kunyit putih juga mengandung saponin, flafonoid dan polifenol.

Komponen minyak atsiri dari rimpangnya terdiri dari turunan Guaian (kurkumol, kurkumenol, isokurkumenol, prokurkumenol, kurkumadiol), turunan Germakran (Kurdion, Dehidrokurdion); seskuiterpena  furanoid dengan kerangka eudesman (Kurkolon). Kerangka Germakran (Furanodienon, Isofuranodienon, Zederon, Furanodien, Furanogermenon); kerangka Eleman (Kurserenon identik dengan edoaron, Epikurserenon, Isofurano germakren); Asam-4-metoksi sinamat (bersifat fungistatik). Dari hasil penelitian lain ditemukan kurkumanolid A, kurleumanolid B, dan kurkumenon.

Tanaman kunyit putih merupakan obat tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat. Minyak esensial dari kunyit putih dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. Rimpangnya digunakan untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, menambah nafsumakan, penurun panas tubuh, penyempitan peranakan, mengobati masuk angin, dan gatal-gatal. Selain itu juga dapatmemperkecil rahim, menyempitkan vagina, mengeringkan luka operasi kanker payudara, mengobati maag, peradangan akibat gangguan wasir, radang tenggorokan, diare, lemah syahwat, penangkal racun, dan menghambat pertumbuhan kanker. Di India, tanaman ini digunakan secara tradisional untuk pengobatan nyeri menstruasi, maag, mual muntah dan kanker.

Kunjungi media sosial kami :
website : www.rosev-official.com
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *