Pengertian Follicle Stimulating Hormone (FSH)

Follicle Stimulating Hormone (FSH) atau hormon perangsang folikel ini merupakan salah satu dari banyak hormon reproduksi pada manusia yang digunakan untuk mengatur produksi sel telur pada wanita dan sel sperma pada pria. Pada umumnya FSH bekerja sama dengan luteinizing hormone (LH) untuk mengatur kelancaran siklus menstruasi dan menjaga fungsi testis dalam masa reproduksi. FSH maupun LH adalah hormon yang sama-sama menjaga sistem reproduksi, baik pria maupun wanita, kedua hormon ini bekerja sama, namun masing-masing memiliki fungsinya tersendiri.

Pada wanita, fungsi hormon FSH dan LH yang utama adalah untuk memastikan siklus menstruasi berjalan lancar setiap bulannya. Keduanya akan bekerja sama untuk memacu peryumbuhan dan kematangan folikel atau sel telur. Mulai dari awal pembentukan, pelepasan sel telur atau ovulasi, hingga akhir masa menstruasi. Pada pria, fungsi hormon FSH dan LH yang utama tidak jauh berbeda dengan fungsimya pada wanita, yaitu untuk memastikan proses pembentukan sel sperma sehat (spermatogenesis) pada pria supaya bisa berjalan dengan lancar.

Hormon FSH memiliki peranan penting dalam perkembangan kedewasaan pada pria dan wanita. Follicle-stimulating hormone atau FSH adalah gonadotropin glikoprotein yang disekresi oleh hipofisis anterior dalam menanggapi gonadotropin-releasing hormone (GnRH) yang dikeluarkan oleh hipotalamus. Kelenjar pituitari juga merupakan kelenjar yang mengeluarkan hormon luteinizing atau LH, jenis gonadotropin yang lain. FSH dan LH terdiri dari subunit alpha dan beta. Subunit beta tertentu memiliki aktivitas biologis yang unik, yaitu mengikat FSH dan LH pada reseptor pada testis dan ovarium dan mengatur fungsi gonad dengan mendorong produksi steroid seks dan gametogenesis.

Fungsi FSH pada pria antara lain untuk merangsang pertumbuhan testis dan meningkatkan produksi protein yang menyebabkan konsentrasi lokal yang tinggi testosteron, dan bersama LH, berfungsi dalam pematangan spermatozoa. Pada wanita FSH berfungsi sebagai hormon yang mengatur perkembangan folikel ovarium yang merupakan pembuluh didalam ovarium dimana ovum berkembang, dan bersama LH, berfungsi untuk mengendalikan sekresi estrogen dari folikel ovarium.

Kunjungi media sosial kami :
website : www.rosev-official.com
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *