Pengertian Luteinizing Hormone (LH)

Didalam tubuh manusia terdapat berbagai macam jenis hormon beserta fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah LH atau luteinizing hormone . LH adalah hormon otak yang mengatur fungsi sistem repeoduksi pada pria maupun wanita. Berikut adalah fungsi LH.

  • Untuk  memastikan produksi hormon testosteron sesuai dengan kebutuhan pada pria.  Hormon LH pada pria ini berguna untuk merangsang testis untuk melepaskan hormon testosteron yang nantinya akan memebrikan perintah kepada sel leydig yang terletak pada testis untuk melepaskan hormon testosteron, yang merupakan hormon seks pria yang menjamin pengembangan yang tepat dan pemeliharaan karakteristik laki-laki. LH berfungsi sebagai hormon yang mengatur fungsi sistem reproduksi pada pria
  • Sebagai hormon yang membantu untuk mempertahankan jumlah sperma yang sehat pada pria
  • Untuk memproduksi jumlah sperma yang dibutuhkan oleh pria. Karena jumlah sperma yang rendah dapat diatasi dengan menambah pasokan yang cukup dari hormon LH itu sendiri.
  • Untuk pematangan usia sperma. Dengan adanya pasokan LH yang cukup maka sperma akan sehat dan berusia matang sehingga fungsinya kan lebih maksimal dalam hal sistem reproduksi pada laki – laki.
  • Mengatur produksi estradiol yang merupakan hormon seks wanita yang dirilis pada tahap pertama dari siklus menstruasi. Ini juga memiliki peranan yang penting dalam pertumbuhan yang tepat dari jaringan payudara pada wanita. Estradiol merupakan hormon steroid yang utama untuk ovulasi. Pelepasan dari estradiol ini diatur oleh LH.
  • Berperan dalam tahap pertama siklus menstruasi, dalam merangsang produksi sel telur didalam ovarium. Jika tidak ada hormon LH, seseorang tidak akan siap masuk ke fase-fase berikutnya.
  • Namun terlalu banyak hormon LH juga tidak baik, karena tingkat LH yang abnormal tinggi akan membuat seseorang sulit untuk hamil. Selain itu, tingkat LH yang terlalu tinggi pada ibu hamil juga bisa menyebabkan keguguran.

Kunjungi media sosial kami :
website : www.rosev-official.com
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *