Penyumbatan Tuba Falopi Menyebabkan Kemandulan

Tuba falopi merupakan organ reproduksi wanita yang berupa tabung rahim. Setiap wanita normalnya memiliki 2 buah tuba falopi, yang menghubungkan antara ovarium dan uterus. Fungsinya adalah sebagai jalan masuk sel sp*rma menuju sel telur dan jalan sel telur yang telah dibuahi menuju rahim. Jika tuba falopi ini tersumbat maka fungsinya akan terganggu, ini akan menutup jalan sel sp*rma ketika masuk untuk bertemu dengan sel telur sehingga tidak terjadi pembuahan.

Penyumbatan ini menjadi salah satu penyebab yang paling umum terjadi atas penyakit infertilitas atau ketidaksuburan. Penentuan metode pengobatannya juga berbeda-beda.

Tuba falopi bertugas untuk membawa sel telur dari ovarium menuju ke rahim. Salah satu ovarium akan melepaskan sel telur ke salah satu tuba falopi yang mungkin akan dibuahi oleh sperma atau tidak selama proses ovulasi setiap bulannya. Gangguan pada tuba falopi akan mempengaruhi kasus ketidaksuburan. Sel telur yang dilepaskan dari ovarium akan melewati salah satu saluran tuba falopi. Di tuba falopi inilah terjadi proses pembuahan, dan sel telur akan bergabung dengan sp*rma. Kemudian sel telur yang telah dibuahi akan melanjutkan perjalannya menuju rahim.

Tuba falopi merupakan organ yang rapuh, dan jika tersumbat akan menyebabkan sel telur tidak bisa dibuahi  oleh sp*rma dan menuju rahim. Banyak faktor yang dapat menyebabkan tuba falopi tersumbat seperti endometriosis, penyakit radang panggul, dan penyakit menular s*ksual.

Dengan tersumbatnya saluran ini, maka seseorang akan kesulitan untuk memiliki buah hati, dan bahkan dapat menyebabkan kemandulan. Jika penyumbatan terjadi pada salah satu saluran tuba falopi saja, maka wanita tersebut masih bisa untuk hamil karena masih ada saluran tuba falopi yang satunya. Sedangkan jika yang tersumbat adalah kedua saluran tuba falopi, dan penyumbatan total, maka wanita tersebut tidak akan bisa hamil atau mandul dan perlu dilakukan intervensi medis. Untuk menetapkan diagnosis penyumbatan tuba falopi ini perlu dilakukan prosedur laparaskopi atau hysterosalpigogram (HSG). Untuk mengatasi penyumbatan pada tuba falopi, dokter biasanya menyarankan untuk dilakukan operasi untuk memperbaiki kerusakan atau membuka penyumbatan.

Kunjungi media sosial kami :
website : www.rosev-official.com
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *