Hamil Di Usia Tua Apakah Aman

Jika Anda mengalami kehamilan di usia yang tidak muda lagi, Anda mungkin akan mengalami kekhawatiran-kekhawatiran tertentu. Berdasarkan statistik, usia yang dianggap berisiko bagi kehamilan adalah di bawah 18 tahun dan usia di atas 35 tahun. Para wanita yang hamil di usia tersebut mungkin saja akan mengalami kekhawatiran seperti apakah bayi mereka dapat lahir dengan normal, apakah terdapat risiko kecacatan, serta apakah akan terdapat komplikasi dalam persalinan.
Kehamilan di usia tua merupakan kehamilan yang terjadi pada wanita di atas usia 35 tahun. Pengaruh era globalisasi serta meningkatnya kesadaran wanita akan persamaan derajat membuat para wanita semakin berani untuk mengejar karir mereka dibanding memiliki anak. Selain itu, adanya teknologi dalam pembuahan memberikan pilihan bagi ibu untuk menunda kehamilan.
Risiko kehamilan di atas usia 35 tahun
Semua kehamilan memiliki risiko, dan risiko-risiko tersebut semakin meningkat pada kehamilan di usia tua. Angka kematian ibu naik secara tetap dari 9 per 100.000 pada usia 25-29 tahun menjadi 66 per 100.000 sesudah usia 40 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa risiko kematian ibu meningkat pesat seiring dengan bertambahnya usia ibu saat hamil dan melahirkan.
Selain itu, karena sel telur wanita telah diproduksi sejak lahir, maka semakin tua seorang wanita ketika hamil, semakin besar pula risiko untuk terjadinya abnormalitas dalam kehamilan. Gangguan dalam kehamilan ini tidak hanya dapat mengancam janin yang dikandung, namun juga dapat mengancam nyawa ibu. Menurut BMC Pregnancy and Childbirth dan the American College of Obstetricians and Gynecologists beberapa risiko yang dapat terjadi pada usia ibu hamil yang lanjut adalah sebagai berikut:
1.kelahiran prematur
2.berat badan lahir bayi rendah
3.bayi lahir mati
4.kelainan kromosom pada bayi
5.komplikasi persalinan
6.operasi caesar
7.tekanan darah tinggi pada ibu yang dapat menuju pada kondisi serius seperti preeklampsia dan kelahiran bayi prematur
8.diabetes gestasional, yang juga nantinya akan meningkatkan risiko diabetes

Kunjungi media sosial kami :
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvBh
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *