4 Tanda Infertilitas pada Wanita

Saat ini, di era generasi fastfood, infertilitas menjadi masalah yang umum terjadi. Infertilitas secara sederhana didefinisikan sebagai ketidakmampuan mengandung anak. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari ketidakseimbangan hormonal, riwayat penyakit kronis yang pernah diderita, gangguan makan, merokok, alkohol, kelebihan berat badan, berat badan kurang dari normal, kista ovarium dan lain-lain. Saat ini banyak tersedia pengobatan untuk mengatasi kondisi-kondisi tersebut. Menjalani pola hidup sehat merupakan cara terbaik untuk menghindari komplikasi yang terjadi, walaupun memang sulit untuk mengenali gejala awal dari infertilitas karena beberapa kasus infertilitas tidak menunjukkan gejala apapun. Gejala yang timbul dapat berbeda pada tiap-tiap orang, tergantung dari kasus yang terjadi. Semakin awal deteksi infertilitas ditegakkan, semakin besar kemungkinan Anda untuk hamil.

  1. Lebih dari satu tahun hubungan seksual tanpa kontrasepsi

Tanda pertama infertilitas adalah kegagalan untuk hamil setelah mencoba selama lebih dari 1 tahun. Jika anda sudah menjalani hubungan seksual secara teratur tanpa menggunaan kontrasepsi lebih dari 1 tahun tetapi tidak berhasil untuk hamil, maka sudah waktunya Anda menghubungi dokter untuk berkonsultasi. Kriteria 1 tahun ini juga sangat bergantung pada usia. Untuk Anda yang berusia dibawah 35 tahun, maka Anda harus menunggu 1 tahun, sementara jika Anda lebih dari 35 tahun maka Anda hanya harus menunggu selama 6 bulan. Tetapi untuk Anda yang berusia lebih dari 35 tahun disarankan untuk mencoba selama 2 tahun sebelum menyerah.

  1. Siklus menstruasi yang tidak teratur dan nyeri

Jika Anda tidak mendapat menstrusi secara teratur diikuti dengan jarak antara menstruasi terlalu jauh atau terlalu dekat, maka ini sudah merupakan tanda peringatan. Terdapat gejala-gejala lain seperti nyeri punggumg, nteri pinggang, kram perut, darah menstruasi terlalu banyak atau terlalu sedikit atau pada beberapa kasus siklus menstruasi berhenti samasekali. Ketidakteraturan menstruasi ini merupakan bisa saja tanda dari gangguan ovulasi

  1. Ketidakseimbangan hormonal

Ketidakseimbangan hormonal dapat merupakan tanda adanya infertilitas. Anda dapat mengalami gejala seperti rambut menipis, depresi, jantung berdebar-debar, penurunan nafsu seksual. Walaupun tanda yang disebutkan tadi tidak berarti Anda menderita infertilitas, tetapi tidak ada salahnya Anda mencoba mengkonsultasikannya dengan dokter Anda.

  1. Keguguran berulang kali

Keguguran adalah keluarnya janin sebelum usia kehamilan menginjak 20 minggu. Umumnya dokter akan menduga adanya infertilitas setelah mengalami keguguran 2 kali atau lebih secara berturut-turut. Memang tanda ini belum pasti, tetapi jika Anda mengalami 3 kali keguguran berturut-turut Anda bisa menduga penyebabnya adalah infertilitas. Tetapi kabar baiknya adalah walaupun Anda mengalami kegugran berkali-kali, kemungkinan Anda untuk hamil lebih besar, tetapi Anda tetap perlu memeriksakan ke dokter untuk mencari tahu penyebab keguguran yang Anda alami.

 

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *