Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Haid?

Nyeri haid atau dismenorea adalah kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum atau ketika mengalami menstruasi. Nyeri yang dirasakan terkadang bisa cukup parah dan menyebar hingga ke punggung dan paha, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri haid disebabkan oleh dinding otot rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Akibatnya, pasokan oksigen ke dalam rahim terhambat dan memicu munculnya rasa nyeri di bagian bawah perut.

Rasa nyeri yang dirasakan pada saat haid merupakan keluhan ginekologi yang paling umum dan banyak dialami oleh wanita. Dalam hal ini diperlukan cara untuk mengatasi nyeri saat haid. Di  Indonesia diperkirakan  55% perempuan  usia  produktif tersiksa oleh nyeri haid. Sedangkan angka kejadian nyeri haid berkisar 45-95% dikalangan wanita usia produktif.

Dalam jurnal Efektivitas pemberian minuman sari kunyit putih terhadap penurunan nyeri haid “Disminore” mengatakan bahwa minuman kunyit putih adalah suatu minuman yang diolah dengan bahan utama kunyit yang secara alamiah memiliki kandungan bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai analgetika, antipiretika, dan antiinflamasi. Senyawa aktif atau bahan kimia yang terkandung dalam kunyit adalah Curcumine. Curcumine  Curcumine akan bekerja dalam menghambat reaksi cyclooxygenase (COX-2) sehingga menghambat atau mengurangi terjadinya inflamasi sehingga akan mengurangi atau bahkan menghambat kontraksi uterus. Curcumenol sebagai analgetik akan menghambat pelepasan prostaglandin yang berlebihan melalui jaringan epitel uterus dan akan menghambat kontraksi uterus sehingga akan mengurangi terjadinya dismenore.

Sudah terbukti bahwa kunyit putih merupakan tumbuhan herbal yang dapat membantu mengatasi masalah kewanitaan terutama dalam mengurangi nyeri haid pada awal menstruasi. Tidak heran jika kunyit putih sering digunakan sebagai komposisi utama dalam obat kewanitaan salah satunya adalah Rose V. Rose V merupakan minuman herbal khusus wanita yang berbentuk serbuk dan aman untuk dikonsumsi. Rose V mengandung tumbuhan herbal seperti manjakani, kunci pepet, kacip fatimah, daun sirih, kayu pepet, dan bahan lainnya. Rose V yang diciptakan dengan kemajuan teknolgi dan sudah memiliki BPOM yang aman dan mudah dikonsumsi sebagai solusi permasalahan wanita masa kini.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *