PENYEBAB HAID SETELAH MELAHIRKAN TIDAK TERATUR

PENYEBAB HAID SETELAH MELAHIRKAN TIDAK TERATUR

_____________________________________

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semangat Pagi Sahabat Rose V ❤

.

Yuk .. Mari Kita Simak ☺☺☺☺

.

Pada wanita yang baru melahirkan, siklus haid yang tidak teratur merupakan kondisi yang normal dan umum terjadi sehingga tidak perlu merasa khawatir. Perubahan hormonal yang terjadi setelah proses melahirkan, masa nifas, selesai masa nifas, hingga proses menyusui mempengaruhi siklus haid sehingga dapat berubah menjadi tidak teratur.

Dimulai setelah selesai proses melahirkan yang diikuti masa nifas. Umumnya mentruasi baru akan muncul pertama kali paling cepat sekitar 10 minggu setelah melahirkan. Tidak jarang, menstruasi baru muncul kembali setelah beberapa bulan hingga 1-2 tahun setelah melahirkan, khususnya pada ibu menyusui. Saat menstruasi sudah muncul, umumnya siklus menstruasi pun bisa saja belum teratur selama beberapa bulan. Gangguan-gangguan pola menstruasi tersebut ditentukan oleh hormonal dan kondisi tubuh masing- masing wanita. Apabila setelah melahirkan diikuti dengan periode menyusui dan bayi aktif menyusu atau menghisap puting ibu, kelenjar hipofisis akan mengeluarkan hormon prolaktin yang berfungsi untuk merangsang produksi ASI. Namun di sisi lain, hormon prolaktin juga akan menghambat ovulasi sehingga siklus menstruasi menjadi tidak teratur.

Meskipun pada umumnya, kondisi hormonal lah yang berperan penting terhadap gangguan siklus menstruasi pada ibu setelah melahirkan dan saat menyusui, telatnya datang haid tetap dapat disebabkan oleh faktor lain, diantaranya:

  • Stress
  • Kehamilan
  • Penurunan berat badan yang berlebihan atau berat badan yang berlebihan atau terlalu rendah
  • Infeksi
  • Radang
  • Tumor di saluran reproduksi
  • Diabetes atau kencing manis
  • Gangguan pada kelenjar tiroid

Perlahan tubuh akan beradaptasi dan hormon yang dihasilkan pun menjadi lebih stabil dan siklus menstruasi menjadi normal kembali. Namun jika siklus menstruasi tidak kunjung membaik, keluar perdarahan yang banyak dari vagina atau muncul rasa nyeri yang mengganggu, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab kondisi tersebut. Dokter akan melakukan pemeriksaan pada fisik dan serangkaian pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan panggul, cek darah dan USG bila diperlukan. Saat ini juga sebaiknya diet gizi seimbang, terutama sayur dan buah, konsumsi air putih sesuai kebutuhan cairan tubuh yakni sekitar 8-10 gelas perhari, hindari stres, cukup istirahat dan tidur, hindari merokok dan konsumsi alkohol, olahraga atau latihan ringan

.

Kunjungi media sosial kami :

ig: https://bit.ly/2LkwLEx

forum diskusi: https://bit.ly/2yMpuvB

fanpage: https://bit.ly/2wshrj9

youtube: https://bit.ly/2Jruy8Z

Untuk Download gambar/foto/video bisa menggunakan aplikasi kami yaitu “RosevGo” yang bisa didapatkan di google playstore.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *