MENGENAL 7 MACAM ALAT KONTRASEPSI HORMONAL BAGI PEREMPUAN

MENGENAL 7 MACAM ALAT KONTRASEPSI HORMONAL BAGI PEREMPUAN

_____________________________________

Assalamualaikum Wr. Wb.

Semangat Pagi Sahabat Rose V ❤

.

Yuk .. Mari Kita Simak ☺☺☺☺

.

Jarak kehamilan dan penundaan kehamilan berarti harus memilikirkan alat kontrasepsi untuk perempuan yang paling aman dan nyaman. Saat ini, banyak sekali pilihan alat kontrasepsi. Yuk, simak 6 jenis alat kontrasepsi hormonal berikut ini:

  1. Injeksi progestin

Kontrasepsi injeksi biasanya berupa suntikan hormone progesterone setiap 3 bulan sekali. Suntikan progestin biasanya diberikan pada hari ke 1-7 haid. Kelebihan dari suntikan progestin adalah efektivitas tinggi, tidak mengganggu hubungan seksual dan tidak berpengaruh terhadap produksi ASI.

2.      Suntikan kombinasi

Suntikan kombinasi diberikan antara hari ke 1-7 siklus haid. Suntikan beikutnya diberikan dengan jarak waktu 4 minggu dari suntikan pertama dan seterusnya. Kelebihan dari suntikan jenis ini adalah efektivitas yang tinggi dan efek jangka menengah.

 3.      Pil KB

Jenis kontrasepsi ini berbentuk oral dengan kandungan hormone progesteron dan pil kombinasi. Selain mudah, efektivitasnya juga tinggi dan efek samping yang sangat minim.

4.      Koyo KB

Bentuk alat kontrasepsi persis seperti koyo yang ditempelkan pada kulit. Ukurannya kecil dan penggunaannya cukup mudah. Cara kerjanya adalah melepaskan hormone kontrasepsi melalui kulit. Kandungan dalam koyo ini adalah estrogen dan progestin.

5.      Spiral

Spiral sering disebut dengan IUD adalah jenis kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan cukup dengan sekali pasang saja. Efektivitasnya mencapai 99% dan bisa mendapatkan perlindungan cukup panjang bahkan hingga 10 tahun. Harganya murah, aman untuk dan tidak meningkatkan berat badan.

6.      Susuk atau implant

Susuk adalah sebuah strip yang ditanam di bawah kulit dan melepaskan progesteron. Alat kontrasepsi ini sangat nyaman jika digunakan beraktivitas.

7.      Cincin vagina

Cincin vagina memiliki diameter sekitar 5 cm, dipasang pada vagina selama 3 minggu. Kandungan pada cincin vagina adalah hormon kombinasi dosis rendah.

.

Kunjungi media sosial kami :

ig: https://bit.ly/2LkwLEx

forum diskusi: https://bit.ly/2yMpuvB

fanpage: https://bit.ly/2wshrj9

youtube: https://bit.ly/2Jruy8Z

Untuk Download gambar/foto/video bisa menggunakan aplikasi kami yaitu “RosevGo” yang bisa didapatkan di google playstore.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *