Penyebab Penyakit Tuba Falopi

Setelah menikah, pasangan suami istri pasti punya rencana untuk memiliki buah hati. Namun ada beberapa kondisi yang dapat menhambat hal tersebut untuk dilakukan. Banyak sekali faktor yang dapat menjadi penyebab sulitnya memiliki buah hati, salah satunya adalah terjadinya sumbatan pada tuba falopi.

Tuba falopi merupakan organ reproduksi pada perempuan, yang menghubungkan antara ovarium dan uterus. Tuba falopi ini berfungsi sebagai organ penyalur sel telur dari ovarium ke rahim selama ovulasi. Jika sel telur dibuahi oleh sp*rma, ia akan bergerak melalui tabung ke rahim untuk implantasi. Organ ini sangatlah penting, karena jika tersumbat maka akan mempengaruhi proses pembuahan, apalagi jika ibu sedang merencanakan kehamilan. Karena jalan untuk sp*rma masuk ke tempat sel telur berada, serta jalan utama sel telur yang telah dibuahi ke rahim tersumbat.

Penyebab yang paling umum dari tersumbatnya saluran tuba falopi ini antara lain:

  1. Riwayat penyakit menular seksual, seperti infeksi chlamydia dan penyakit gonorrhea.
  2. Sejarah endometriosis, perlengketan karena riwayat operasi sebelumnya seperti usus buntu, radang usus, TBC usus, dan operasi dibagian usus lainnya.
  3. Infeksi panggul atau penyakit radang panggul
  4. Pembedahan perut atau panggul
  5. Cacat bawaan
  6. Ligasi tuba

Selain kesulitan untuk mendapatkan kehamilan, ada beberapa kondisi yang dapat dilihat sebagai gejala tersumbatnya tuba falopi. Namun gejala yang akan muncul akan tergantung juga dari apa yang menjadi penyebab terjadinya penyumbatan tersebut. Apa bila disebabkan karena radang panggul, biasanya akan dirasakan nyeri pada perut  bawah, dan akan bertambah berat pada saan berhubungan s*ksual. Sering kali juga disertai dengan keputihan hingga keluarnya nanah dari vagina.

Jika penyebabnya adalah endometriosis, keluhan yang biasa dirasakan adalah rasa sagat nyeri saat datang bulan hingga dalam beberapa hari. Durasinya semakin lama akan semakin memanjang dan juga akan menyebabkan rasa nyeri pada saan berhubungan s*ksual.

Selain pengobatan yang dibutuhkan dalam penyembuhan tuba falopi yang tersumbat, ada juga beberapa tips peluang tinggi untuk hamil, seperti berikut ini :

  1. Olahraga yang cukup
  2. Hindari kebiasaan merokok serta minum alkohol
  3. Hindari makanan yang terlalu banyak kafein
  4. Jangan sembarangan menggunakan obat-obatan
  5. Menghindari makanan lemak trans
  6. Makan makanan kacang-kacangan dan makanan yang mengandung protein, ini bisa membantu untuk menormalkan kembali kesuburan
  7. Konsumsi Rose V setiap hari untuk terapi pembantu                           

Kunjungi media sosial kami :
website: https://bit.ly/2vsZocz
ig: https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi: https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage: https://bit.ly/2wshrj9
youtube: https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *