Kriteria Sperma yang Sehat

Sperma terkandung dalam air mani pria yang berfungsi sebagai kendaraan menuju saluran reproduksi wanita. Air mani yang dikeluarkan saat pria ejakulasi berupa cairan berwarna putih atau abu-abu, dengan jumlah normal sekitar 2 mililiter (ml). Selain sperma, air mani mengandung lendir yang dihasilkan kelenjar reproduksi pria.

Sperma yang sehat merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan kesuburan pria. Ada tiga kriteria yang dapat menentukan kualitas sperma sehat, yaitu:

  • Jumlah keseluruhan

Tiap 1 ml air mani yang dikeluarkan seorang pria mengandung sekitar 15 juta sperma. Jumlah sperma yang terlalu sedikit kemungkinan dapat sulit untuk menyebabkan hamil.

  • Kemampuan bergerak

Minimal 40 persen dari sperma dalam air mani mampu bergerak dan sekitar 25 persen dari jumlah sperma harus memiliki gerakan maju yang cepat. Sebab, untuk mencapai sel telur, sperma harus bergerak lincah dan berenang melalui beberapa bagian dari organ reproduksi wanita.

  • Bentuk sperma

Minimal 30 persen dari jumlah total sperma harus berbentuk normal. Sperma normal memiliki ciri kepala yang berbentuk lonjong dan ekor yang panjang untuk mendukung gerakan ke depan.

Kunjungi media sosial kami :
website:
ig:
forum diskusi:
fanpage:
youtube:

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *