Program KB Yang cocok Pasca Keguguran

Sebenarnya tidak ada batasan pasti kapan sebaiknya merencanakan kehamilan pasca keguguran. Namun, berbagai penelitian menunjukkan bahwa memberi rentang waktu 3- 6 bulan dapat memperkecil kemungkinan keguguran selanjutnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda dan pasangan menunda kehamilan dahulu, salah satunya dengan menggunakan kontrasepsi. Secara umum, berikut beberapa pedoman memilih kontrapsepsi secara rasional :

bila Anda dan pasangan berencana menunda kehamilan, maka pilihlah kontrasepsi jangka pendek atau yang memiliki efek kembali kesuburan segera setelah kontrasepsi dihentikan, misalnya :
*pil KB
*IUD tembaga
*metode sederhana, seperti kondom
bila Anda dan pasangan berniat menjarangkan kehamilan, maka pilihlah kontrasepsi jangka panjang, seperti :
*IUD tembaga
*suntik KB

bila Anda dan pasangan berencana tidak hamil lagi, maka steril (tubektomi atau vasektomi) dan IUD tembaga adalah pilihan yang tepat
Dengan demikian, berdasarkan penjelasan Anda di atas, saya menganjurkan Anda menggunakan pil KB atau IUD tembaga. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai penggunaan pil KB karena terdapat dua jenis pil KB, yang masing-masingnya memiliki kelebihan ataupun kekurangan tersendiri. Di samping itu, dokter akan menjelaskan mengenai cara penggunaan pil KB yang baik dan benar, yaitu konsumsi pil KB setiap hari pada jam yang sama. Pil KB juga tidak langsung efektif setelah konsumsi pertama kali, dibutuhkan waktu 1-2 minggu untuk melindungi Anda dari kehamilan secara optimal. Sedangkan IUD tembaga, memiliki efektivitas yang cukup tinggi dan akan segera aktif setelah pemasangan. Sayangnya, alat kontrasepsi ini memerlukan bantuan dokter atau petugas medis terampil untuk memasangnya. Diskusikanlah dengan dokter terdekat di kota Anda.

Kunjungi media sosial kami :
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *