apa saja penyebab amenore

menstruasi tentu sudah menjadi hal rutin yang Bunda alami setiap bulannya, kecuali jika Bunda sedang hamil atau sudah mengalami menopause. Namun, bagaimana bila Bunda tidak haid meski tidak sedang hamil dan belum usia menopause? Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah Bunda harus merasa cemas dan memeriksakan diri ke dokter?

Kondisi di mana seorang wanita tidak mengalami menstruasi disebut dengan amenorrhea atau amenore. Wajar jika Bunda tidak mengalami menstruasi saat hamil atau setelah menopause. Namun, jika Bunda tidak mengalami menstruasi di luar kedua hal tersebut, kondisi ini mungkin dapat menjadi gejala dari suatu kondisi medis tertentu.

penyebab amenore

amenore dapat terjadi karena berbagai penyebab. beberapa merupakan penyebab alami, sementara yang lain disebabkan kondisi medis tertentu yang harus ditangani. Berikut adalah beberapa penyebab amenore :

1.penyebab alami : biasa disebabkan karena kehamilan, meyusui, dan menopause.
2. gaya hidup : olahraga yang terlalu berat dan stress. Memiliki terlalu banyak sedikit lemak tubuh juga dapat menunda atau menghentikan menstruasi.
3. Ketidakseimbangan hormon : biasanya disebabkan karena adanya tumor pada kelenjar hipofisis atau tiroid.
4. Obat-obatan: Biasanya disebabkan oleh obat seperti anti- psikotik, anti-depresan, kemoterapi, dan obat tekanan darah tinggi. Selain itu, menghentikan pil KB secara tiba-tiba juga dapat menghentikan menstruasi selama beberapa siklus seblum akhirnya kembali normal.
5. Kelainan Fisik: seperti masalah struktural pada organ reproduksi wanita seperti adanya kelainan bawaaan sejak lahir, tumor, atau infeksi yang terjadi pada rahim segera setelah melahirkan. Pada kasus yang jarang, amenore dapat disebabkan karena sindrom asherma, yang terjadi akibat terbentuknya jaringan perut pada rahim setelah operasi. 
6. Kelainan genetik: kelainan genetik atau kromosom seperti sindrom Turner atau sindrom sawyer, dapat menyebabkan amenore.

Kunjungi media sosial kami :
ig @nasa_rosevofficial : https://bit.ly/2LkwLEx
forum diskusi sahabat rosev : https://bit.ly/2yMpuvB
fanpage Rosev.Official : https://bit.ly/2wshrj9
youtube rose v official : 192.168.2.196https://bit.ly/2Jruy8Z

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *