Tanaman Herbal Kunyit Putih

Kunyit putih termasuk ke dalam suku temu-temuan atau Zingiberaceae (jahe-jahean) dan semua bagiannya akar, minyak, dan daun bisa dimanfaatkan. Tanaman ini adalah asli dari India dan Indonesia, namun juga telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan berbagai wilayah Asia lainnya. Tanaman ini banyak dijumpai di beberapa negara seperti Bangladesh, Sri Lanka, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand. Kunyit putih atau dikenal dengan nama white turmeric atau Zedoary (Curcuma zedoaria) dipercaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit. Kunyit putih juga termasuk salah satu jenis kunyit yang diyakini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat dari kunyit putih adalah :
1. Antibakteri dan antijamur
Bakteri dan jamur bisa menyebabkan berbagai masalah pada tubuh. Kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah mikroba di mulut. Ekstrak dari kunyit putih juga diyakini menghambat aktivitas jamur pada tubuh manusia.
2. Antinyeri
Kunyit putih diyakini juga bisa dijadikan sebagai analgesik atau obat untuk menghilangkan rasa sakit.
3. Obat tukak lambung
Tepung dari akar kunyit putih dipercaya dapat mengurangi jumlah dan keasaman cairan lambung atau menyeimbangkan kadar pH pada lambung.
4. Antiracun
Ekstrak kunyit putih juga diyakini menjadi antiracun dengan cara menghambat aktivitas.
5. Antiradang
Tanaman ini dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi peradangan atau pembengkakan.
6. Antikanker
Kunyit putih diyakini dapat membantu proses penyembuhan penyakit kanker karena mengandung senyawa ethyl pmethocyvinnatate, kurkuminoid, bisdemothxycurcumin, demothxycurcumin, dan flavonoid.
7. Antioksidan
Minyak esensial dari kunyit putih dipercaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu. Radikal bebas bisa memicu berbagai masalah dan gangguan pada tubuh.
8. Melancarkan haid
Dapat melancarkan haid dan juga meredakan nyeri pada wanita.
9. Obat untuk pencernaan
Manfaat kunyit putih adalah membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan. Beberapa masalah pencernaan yang bisa dibantu oleh kunyit putih antara lain adalah perut kembung, buang air besar tidak teratur, dan lainnya.
10. Membantu penyembuhan kista
Kunyit putih membantu untuk penyembuhan kista, memperkecil kista, dan menghambat pertumbuhan kista.
11. Mencegah terjadinya leukimia
Kunyit putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya leukimia. Leukimia adalah penyakit yang menyerang sel darah putih. Leukimia terjadi karena sel darah putih yang belum matang mengacaukan trombosit darah yang penting untuk proses pembekuan darah. Hal ini yang membuat pasien leukimia sering mengalami pendarahan.

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *